Tuesday, February 26, 2013

Lebah Ceria Community - Komunitas Pendidik Gizi

Komunitas pendidik gizi, itulah sebuah sebuah komunitas yang terbentuk 1 tahun yang lalu. Nama aslinya adalah Lebah Ceria Community (LCC). Masih ingat betul dalam ingatan, entah apa yang menggerakan, tetapi ada perasaan yang sangat kuat untuk membuat sebuah komunitas yang sesuai dengan ilmu yang sejak 6 tahun terakhir ini dipelajari. Merasa bahwa organisasi-organisasi yang diikuti belum membidik pada sasaran ini, yaitu terkait dengan pendidikan kesehatan, lebih khusus lagi mengenai pendidikan gizi.
Masalah gizi sebenarnya tidak hanya tentang kurangnya makanan, yang mengakibatkan badan kurus atau kekurangan gizi, yang biasa dikenal dengan marasmus, kwasiokor atau penyakit defisiensi gizi lainnya. Dan juga tidak hanya tentang kelebihan makanan yang mengakibatkan kondisi gizi lebih. Ya, memang kondisi itu telah ada dan telah terjadi. Bahkan kecenderungannya lebih meningkat. Masalah gizi kurang saja belum selesai, masalah baru tentang gizi lebih juga sangat signifikan meningkat. Silahkan lihat data riskesdas terbaru tentang kecenderungan ini.

Menatap lebih jauh tentang kondisi tersebut, muncul perasaan yang kadang memang membuat resah. Pertanyaan kemudian muncul "Bagaimana solusinya?". Ya, komunitas ini memang sengaja dibentuk untuk memberikan kontribusi sekecil apapun terkait dengan masalah yang ada. Kondisi gizi yang terjadi sesungguhnya sangat banyaklah penyebabnya, faktor yang mempengaruhinya, dan solusi yang ditawarkan sebelumnya juga sangatlah banyak. Namun hasilnya memang tidak begitu diketahui, karena memang tentang data-data yang ada sangatlah sedikit. Oleh karena itu, pendidikan menurut kami pada waktu itu adalah alternatif yang barangkali bisa digunakan untuk memecahkan masalah ini. Saya masih ingat inisiator dari komunitas ini Karlina dari IPB, Slamet dari Undip, Yusuf dari UGM dan saya sendiri memahami bahwa masalah gizi tidak hanya dapat diselesaikan begitu saja, perlu ada sebuah pendekatan yang menyeluruh terkait dengan hal ini. Pendidikan sebagai upaya yang menyeluruh dari sebuah solusi yang preventif diharapkan dapat diupayakan. Walaupun tentu pendekatan ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan berulang-ulang, namun kami berharap dapat memberikan kontribusi sekecil apapun.

Saat ini, komunitas ini telah berumur 1 tahun lebih beberapa hari (Hari Lahirnya 9 Februari 2012), progresnya sangat positif, respon dari berbagai kalangan juga terus tumbuh. Sebagai gambaran saja, pada saat melakukan open rekruitmen, jumlah pendaftarnya mencapai 150 orang dan ini sangat luar biasa. Bahwa minat ditempat-tempat lain juga sangat positif untuk dapat berkontribusi membangun bangsa indonesia dengan ilmu gizi. LCC selain aktif di Yogyakarta, juga aktif di Solo, di Semarang, di Bandung dan akan merambah ke tempat-tempat lain. Dengan jargon #MenyengatIndonesia - Menyebar Senyum dan Semangat untuk Indonesia - semoga komunitas ini dapat berkelanjutan memberikan karya-karya anak bangsa untuk kemajuan Indonesia tercinta. Salam Sengat!

No comments:

Post a Comment